Koleksi cerita rakyat dari Jawa Barat dan Ang SangatMenarik : WEBID2

Koleksi cerita rakyat dari Jawa Barat dan Ang SangatMenarik

Ada beberapa cerita rakyat  dari  Jawa Barat yang memiliki  pesan agar pelajaran  bisa dipetik, tentunya setiap daerah di Indonesia   memiliki cerita rakyat, dimana banyak orang yang percaya sejarah hanyalah sebuah esai, sehingga tidak bisa membuktikan kebenarannya. Namun meski terkesan imajiner, ada pesan yang bisa diambil dari sejarah.

Tentunya generasi muda harus mengetahui kisah ini agar tidak terlupakan. Apalagi saat ini sudah banyak generasi muda yang hanya ingin bermain internet tanpa mengetahui cerita rakyat semacam ini.

Kondisi ini, jika tidak diverifikasi, dapat berdampak buruk pada keberlanjutan cerita ini. Nah berikut ini beberapa cerita yang  perlu  anda  ketahui karena sangat penuh makna.

Selanjutnya, ada nilai-nilai kehidupan yang bisa dipelajari, sehingga menjadi contoh bagi generasi penerus. Dengan cara ini, nilai-nilai tersebut akan dipraktikkan agar dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda di masa depan.

Cerita tentang Gunung Tangkuban Perahu

Cerita rakyat dari Jawa Barat ini  bercerita tentang seorang  Sangkurian yang menikahi ibunya bernama Dayang Sumbi.

Namun tiba-tiba anaknya menyetujui permintaan tempat membakar sungai dan membangun perahu sebelum sarapan datang. Pekerjaan Sangkurian dengan cepat selesai berkat bantuan Jin.

Diana Sumbi yang melihat hal ini bingung memilih cara agar pekerjaannya tidak berakhir. Oleh karena itu dia menggulung kain sutra, sehingga terlihat seperti sarapan, kondisi ini membuat cerobong ayam, berpikir bahwa pagi telah tiba.

Namun, Sangkurian belum menyelesaikan pekerjaannya saat itu, sehingga ia marah karena lamarannya telah ditolak oleh ibunya. Jadi dia memalingkan amarahnya dengan mendorong perahu yang telah menjadi. Lama kelamaan perahu dibatalkan, sehingga menjadi gunung yang sekarang dikenal sebagai Tangkuban Perahu.

Tentunya cerita rakyat dari  Jawa Barat ini  sangat menarik untuk diketahui, mengingat Tangcuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata paling populer  di Jawa Barat. Selain itu, gunung ini juga berbentuk perahu, itulah sebabnya banyak orang mempercayai cerita ini.

Selain cerita yang menarik, gunung ini juga memiliki pemandangan indah yang mungkin  disukai banyak orang.

Sejarah yang berasal dari Kota Bandung

Cerita rakyat lain dari Jawa Barat  berbicara tentang asal usul kota Bandung. Cerita dimulai dengan persaingan antara Xhaka dan seorang pahlawan yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Dimana sifat keduanya justru sebaliknya, namun saling melengkapi, sehingga terlihat seperti saudara.

Namun, konflik mulai muncul ketika mereka menyukai wanita yang sama, Sekar, yang merupakan putri guru mereka. Siapa yang memiliki wajah cantik akhirnya bertanya kepada Sekar, namun ayahnya, tanpa persetujuan putri menerima tawaran tersebut.

Namun pada kenyataannya, Sekar menyukai Vera, sehingga untuk secara halus menolak tawaran itu, ia membuat kompetisi di mana ia menikahi seorang pria yang dapat memadamkan lahar kapal Tancuban. Akhirnya, Xhaka dan Vera mencari cara untuk memenangkan kompetisi, tetapi Jaca tidak bisa benar-benar melakukan itu.

Tapi dia setuju, tetapi setelah berkeliaran bahwa alih-alih mencari cara untuk mengeluarkan bangku cadangan, dia bermain-main. Namun, berbeda dengan apa yang dilakukan Vera, di mana ia membuat cara berbeda untuk bisa memadamkan lava. Hingga akhirnya ia melihat seekor berang-berang membuat bendungan kayu.

Itu akhirnya menyebabkan dia mengambil cara untuk memadamkan lava. Hingga, akhirnya Summer merusak Sungai Cytarum, merobohkan sebuah bukit sehingga bisa menenggelamkan air sungai, hingga akhirnya bisa memadamkan lahar di gunung perahu Tangcuban.

Jadi pada akhirnya dia mengubah rongga itu menjadi danau. Akhirnya, Vera dan Sekar akhirnya menikah dan memiliki anak. Namun, bertahun-tahun kemudian, bendungan yang menjadi runtuh karena debit air, yang menjadi lebih tinggi, sehingga air di danau menjadi kering.

Akibatnya, tampaknya tanah itu memiliki tanah basi, yang memaksa banyak orang untuk pindah ke tempat baru. Hingga, akhirnya, tempat baru itu adalah Kota Bandung, yang namanya diambil dari bendungan atau eksentrik. Ini adalah  cerita rakyat Jawa Barat yang  masih belum banyak diketahui orang.

 Folklor rreth Lutung Kasarung

Cerita rakyat dari Jawa Barat  yang  tak kalah menarik menjadi perhatian Lutung Kasarung, di mana ia bercerita tentang seorang putri bernama Purbasari yang bertemu dengan seorang pencatut yang merupakan seorang pangeran yang dikutuk menjadi monyet. Putri Purbasari sendiri dilempar oleh kakaknya karena digunakan sedemikian rupa sehingga ia tampak terkena penyakit kulit.

Cerita  masyarakat Jawa Barat lutung kasarung.   Karena sakit dia  dilempar ke hutan untuk bertemu kanguru. Lutung yang sangat menyukai purbasar akhirnya memohon kepada yang maha kuasa untuk muncul sebuah danau yang airnya bisa menyembuhkan kulitpenny-akit.

Kemudian, setelah  penyakit kulitnya sembuh   , utri akhirnya kembali ke istana, namun adik sang putri Purbarang cemburu dan takut kekuasaannya akan kembali ke Purbasari. Akhirnya, sang kakak meminta raja untuk mengadakan lomba, yakni lomba memasak cepat dan panjang rambut.

Di kedua balapan, adik laki-laki menjadi pemenang, sehingga kakak laki-laki akhirnya meminta raja untuk membuat perlombaan baru untuk menentukan siapa pemenangnya. Balapan siapa pasangan terbaik.

Hingga akhirnya Purbasari membawa lutung tersebut dan memperkenalkannya sebagai rekannya, namun sang kakak mengejeknya karena pasangannya adalah seekor monyet. Sebagai akibat dari rasa sakit itu, dia akhirnya memohon kepada Yang Mahakuasa untuk mendapatkan kembali bentuk sebelumnya dan kemudian memberikannya kepadanya.

Di akhir cerita rakyat Jawa Barat ini,  Purbasari menjadi pemenang, sehingga ia berhak menjadipemimpi kerajaan, dan saudaranya Purbararang tidak dikenakan hukuman, meskipun ia terbukti bersalah dan kalah.

Folklor untuk terumbu karang Nin

WEBID :

  1. percetakansurabaya.co.id
  2. idcop.id
  3. theolive.id
  4. wartabali.co.id
  5. gopher.co.id
  6. scouts.id
  7. arenagame.co.id
  8. jakartaforum.co.id
  9. sanghyangseri.co.id
  10. ArenaGame.co.id
  11. khalifagrass.co.id
  12. nixma.id
  13. rhbinvest.co.id
  14. forjasida.id
  15. murahan.id
  16. sapnudin.co.id
  17. grahajurnal.id
  18. intrace.id
  19. project6id.co.id
  20. directory.co.id
  21. kepripos.co.id
  22. webpro.co.id
  23. kka.co.id
  24. everlite.id
  25. visualisasi.id
  26. itsforex.id
  27. fsii.co.id 

Cerita rakyat Jawa Barat lainnya  tak  kalah menarik dari Karang Nini, di mana ceritanya dimulai dengan seorang pria dan wanita yang namanya bisa dikaruniai anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pria itu akan melaut dan di pagi hari akan pulang dengan hasil tangkapan yang akan dikonsumsi sendiri atau dijual.

Tetapi suatu kali, pria itu diizinkan pergi untuk pergi ke laut, tetapi pada pagi hari pria itu belum kembali ke rumah. Wanita itu panik, jadi dia pergi mencari suaminya dengan penduduk desa lainnya. Namun suatu hari, wanita yang akhirnya menolak itu memohon kepada yang maha kuasa untuk bersatu kembali.

Tapi tiba-tiba ada batu di mana seseorang mengatakan batu itu adalah perwujudan seorang pria. Wanita yang terkejut itu akhirnya memohon kepada yang maha kuasa agar dia kembali ke batu, seperti suaminya.

Tentu saja, kedua batu itu terletak bersebelahan, yang masih bisa dilihat di tepi bebatuan bawah laut nin. Oleh karena itu, dari kisah di atas kita bisa memetik banyak pelajaran tentang kesetiaan wanita kepada suaminya. Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui  cerita rakyat  Jawa Barat ini  .   Sehingga banyak pelajaran yang bisa dipetik dan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.